Pengertian Simbiosis Parasitisme

Pengetian Simbiosis Parasitisme- Secara terpisah, pengertian simbiosis adalah pola interaksi yang erat  dan khusus antara dua pihak yang berlawnan jenis .

Istilah dari simbiosis diambil dari bahasa yunani dari kata sym yang berartikan dengan dan sedangkan kata biosis berartikan kehidupan. Mahkluk hidup yang bersimbiosis disebut sebagai simbion.

Pengertian Simbiosis Parasitisme

Pola interaksi yang erat antara dua mahkluk hidup yang berbeda jenis, yang satu akan mendapatkan sebuah keuntungan dan sedangkan yang satunya lagi akan mendapatkan kerugian.

Macam-macam Bentuk Simbiosis

Contoh Simbiosis Parasitisme

1. Cacing pita dan Manusia

Contoh simbiosis parasitisme yang pertama bisa kita jumpai pada pola hubungan antara cacing pita dengan manusia. Cacing pita yang hidup di dalam usus manusia mendapat keuntungan dikarenakan ia bisa mendapat makanan secara gratis.

Sedangkan manusia justru mengalami kerugian. Hal ini karena sari-sari makanan yang seharusnya digunakan dalam metabolisme manusia jadi berkurang akibat keberadaan cacing pita. Kehadiran cacing pita ini menyebabkan penyakit yang disebut taeniasis dan sistiserkosis. Biasanya penderita akan mengalami pusing dan mual.

2. Cacing Tambang dan Manusia

Cacing tambang yang hidup di di dalam usus dapat merugikan manusia. Mereka menyerap darah manusia melalui pori usus dan dapat mengakibatkan manusia mengalami gejala anemia atau kekurangan darah. Dari sistem tersebut, mereka mendapatkan keuntungan karena bisa mendapatkan makanan untuk pertumbuhannya.

Di dalam tubuh manusia, cacing tambang ini bergerak bersamaan dengan aliran darah. Ia menuju jantung kemudian paru-paru, tenggorokan, dan tertelan masuk ke dalam usus. Pada bagian usus ini, larva cacing tambang yang telah dewasa menghisap darah. Setiap satu ekor cacing tambang jenis N. Americanus dapat menyerap darah sebanyak 0,00 s hingga 1 cc setiap harinya.

3. Kutu dan Manusia

pengertian simbiosis parasitisme

Kutu biasanya tinggal di rambut manusia dan Kutu juga menghisap darah manusia melalui kulit kepala yang mengakibatkan kepala menjadi terasa gatal.

Sedangkan manusia mendapatkan kerugian karena darahnya dihisap oleh Kutu dan kepala terasa gatal

4. Cacing Hati dengan Sapi

Cacing hati dan Sapi hampir sama seperti Cacing Pita dalam usus manusia. Perbedaannya adalah jenis cacing yang berbeda serta tempat cacing ini tinggal didalam hati Sapi. Cacing hati yang berada di hati sapi tersebut mendapatkan keuntungan karena bisa memperoleh makanan dari Sapi tersebut.

Sedangkan Sapi mendapatkan kerugian yang sangat besar karena kesehatannya bisa terganggu dan menyebabkan penyakit

5. Lalat Buah dengan Buah-buahan

Lalat buah menyerang dengan menyuntikkan telur mereka ke dalam buah. Hal ini akan membawa dampak pada buah. Sehingga buah akan menjadi busuk dan rontok sebelum sanggup dipetik. Sasaran utama dari lalat buah adalah tanaman buah, terasa dari cabai, tomat, pare, mentimun, terong, melon, nangka, jeruk, apel, jambu air, jambu biji, dan lain sebagainya

Lalat buah yang menyerang adalah lalat betina. Lalat tersebut menyerang dengan menusukkan alat peletak telurnya (ovipositor) ke dalam buah. Tujuannya adalah untuk menempatkan telur-telur mereka di dalam buah. Dimana setelah itu telur-telur tersebut akan menetas menjadi larva dan berkembang.

Larva tersebut dapat membuat daging buah tersebut rusak. Sehingga buah menjadi busuk sebelum panen atau masak.  Buah yang busuk bisa tempat untuk serangga berkembang biak, kecuali dilakukan pemusnahan pada buah tersebut dengan segera.

6. Rafflesia Arnoldi dengan Tumbuhan Inangnya

pengertian simbiosis parasitisme

Bunga Rafflesia Arnoldi tidak memiliki akar, batang, dan juga daun, sehingga untuk mendapatkan makanan ia harus mengambil makanan dari tumbahan yang ia tumpangi atau inangnya.

Sedangkan  tumbuhan inangnya akan  dirugikan sebab makanannya diambil oleh bunga Rafflesia Arnoldi

7. Nyamuk dengan Manusia

pengertian simbiosis parasitisme

 

Pernahkah kalian terkena penyakit demam berdarah? Jika pernah, hal tersebut merupakan simbiosis parasitisme, karena Nyamuk menghisab darah kita dan kita mendapatkan penyakit demam bedarah. Nyamuk yang yang terlibat dalam kasus ini adalah nyamuk Aides Aegypti yang menyerang manusia melalui saluran darah.

Aides Aegypti hampir sama dengan jenis Nyamuk pada umumnya. Sehingga terkadang kita membiarkan begitu saja, Tentunya kejadian ini sangat merugikan manusia.

8. Jamur Panu dan Manusia

Contoh simbiosis parasitisme yang berikutnya bisa kita temukan pada pola interaksi antara jamur panu dengan manusia. Jamur panu mendapatkan keuntungan karena ia mendapatkan tempat hidup sekaligus makanan dari penyerapan protein di kulit manusia, namun manusia dalam hal ini mendapat kerugian karena menjadi gatal dan merasa tidak nyaman.

9. Ikan Pearl dan Timun Laut

Ikan Pearl biasanya hidup di di dalam kloaka (membrn pernapasan) Timun Laut. Ikan ini masukke dalam tubuh Timun Laut melalui anusnya dan kemudian terus masuk hingga menuju kloaka. Setelah ikan Pearl behasil menerobos membran pernapasan, ia akan tinggal di dalamnya.

Ikan Pearl akan memakan jaringan pernapasan dan gonad yang dimiliki Timun Laut. Timun Laut tidak akan mati karena mereka mempunyai kemampuan regeneratif untuk menumbuhkan organ-organnya yang hilang. Saat ikan Pearl meninggalkan Timun Laut untuk mencari makan, mereka mengikuti aroma kimia dari tubuh timun laut. Sehingga membuat mereka bisa kembali lagi ke anus Timun Laut itu.

10. Lintah dengan Makhluk Hidup

Lintah merupakan jenis hewan yang hidup di daerah lembab dan hewan ini juga menghisap darah. Apabila lintah tersebut menempel atau bahkan masuk kedalam tubuh makhluk hidup, maka yang terjadi adalah makhluk itu akan kehabisan darah atau bahkan bisa menimbulkan kematian. Cara membasmi lintah adalah dengan membakarnya. Maka dari itu berhati hatilah apabila disekitar rumah kamu terdapat lintah.

11. Hubungan Tikus dengan Petani

Contoh simbiosis parasitisme yang paling mudah di amati adalah pola hubungan antara tiks dan petani. Dimana tikus mendapatkan makanan dari tumbuhan petani di sawah. Di lain pihak, para petani mengalami kerugian sebab tanamannya dimakan oleh tikus yang menyebabkan hasil panennya menjadi berkurang.

 

Penutup

Mungkin sampai sini saja pembahasan kita mengenai pengertian dan contoh dari simbiosis parasitisme yang ada di sekitar kita bahkan di belahan bumi ini. semoga bermanfaat bagi kalian semua dan sampai jumpa lagi di pertemuan selanjutnya

 

Hasil pencarian: apa itu simbiosis parasitisme, hubungan antara kutu dengan manusia, hubungan nyamuk dengan manusia, hubungan cacing pita dengan manusia.

Tinggalkan komentar