Pengertian Simbiosis Netralisme

Pengertian Simbiosis Netralisme-  Halo teman-teman kali ini admin akan berbagi pengetahuan untuk kalian semua mengenai simbiosis netralisme. Sebelumnya mungkin diantara kaliansudah  ada yang tahu apa itu simbiosis netralisme? Jika ada yang belum tahu berikut ini adalah penjelasannya.

Simbiosis adalah interaksi antara mahkluk hidup satu dengan yang lainnya dalam sebuah lingkungan ini tidak lain adalah untuk menciptakan ekosistem yang seimbang.Lingkungan yang seimbang harus didasari pada pola interaksi yang terjadi didalam lingkungan ekosistem tesebut.

Selain itu ada juga hubungan antara mahkluk hidup  satu dengan mahkluk yang lainnya, tentunya tedapat juga hubungan antara komponen biotik dengan abiotik supaya ekosistem lebih seimbang. Istilah simbiosis berasal dari bahasa yunani yaitu sym yang berartikan dengan sedangkan Biosis berartikan kehidupan.

Pengertian Simbiosis Netralisme

Simbiosis netralisme adalah hubungan atau interaksi antara mahkluk hidup yang tidak saling menguntungkan dan juga tidak saling merugikan. Mereka berada di dalan satu lingkungan akan tetapi keduanya sangat netral.

Macam-macam Bentuk Simbiosis

Contoh Simbiosis Netralisme

Berikut ini saya akan memberitahu apa saja hewan yang bersimbiosis secara netral kepada hewan lainnya.

1. Ikan Lumba-lumba dan Penyu

Lumba-lumba dan juga penyu adalah hewan yang tinggal dalam satu perairan yang sama, mereka tidak saling mengganggu dan berkompetisi satu dengan yang lainnya, karena jenis makanannya berbeda.

2. Kabing dan Ayam

pengertian simbiosis netrlisme

Kedua hewan ini biasanya tinggal dalam satu perternakkan tidak akan saling berkompetisi atau memperebutkan makanan maupun wilayah kekuasaan. Karena Kambing dan juga ayam berbeda makanan sehingga mereka tidak perlu untuk memperebutkan makanan.

3. Hubungan Gajah dengan jerapah

pengertian simbiosis netralisme

Salah satu contoh dari jenis simbiosis netralisme adalah hubungan yang terjadi antara gajah dan juga jerapah. Gajah akan hidup secara bekelompok dan bersatu dengan hewan-hewan lainnya ketika berada di sabana yang luas atau dalam ruang lingkup yang dilindungi.

Bisa dikatakan dalam beberapa aspek keduanya saling berbagi tempat hidup. Namun, hubungan yang terjadi antara keduanya hanya sebatas itu saja. Keduanya tidak saling merasa dirugikan terutama dalam hal makanan karena keduanya memiliki jenis makanan yang sangat berbeda.

Meskipun keduanya termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan), namun jika disatukan dalam satu wilayah, mereka akan tetap bersahabat. Hal ini dikarenakan mereka tidak berkompetisi dalam perebutan wilayah dan makanan, sebab makanan mereka berbeda. Sehingga hubungan antara gajah dan jerapah juga termasuk dalam contoh simbiosis netralisme,

4. Hubungan Ikan Lele dan Ikan Sapu

Kedua ikan ini biasanya hidup bersama didalam aquarium dan tidak akan berkompetisi jika disatukan didalam aquarium.  Hal ini dikarenakan makanan mereka yang sangat berbeda meskipun mereka berada dalam satu tempat yang sama.

Dimana ikan lele akan memakanan makanan berupa pelet, sedangkan ikan sapu nantinya akan memakan lumut yang berada dalam tempat tersebut. Jadi, hubungan antara keduanya dapat dikatakan netral, yaitu tidak saling merugikan ataupun saling menguntungkan.

5. Hubungan Kumbang dan Lebah

 pengertian simbiosis netralisme

Kumbang adalah makhluk hidup kecil yang sering kita temukan menempel pada daun suatu tanaman. Para kumbang ini akan mencari makanan dengan cara menumpang di daun tumbuhan, sedangkan lebah sendiri akan mencari makanannya yang berupa nektar pada tanaman yang memiliki bunga.

Meskipun lebah dan kumbang tersebut berada dalam satu tanaman, akan tetapi keduanya tidak saling mengganggu, mereka akan sibuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Sehingga interaksi yang terjadi antara keduanya ini merupakan bagian dari simbiosis netralisme, tidak saling menguntungkan ataupun merugikan satu sama lain.

6. Hubungan Katak dan Ikan

Sering sekali hidup berdampingan di lungkungan yang sama, tetapi keduannya tidak akan saling mempengaruhi satu sama lain. Hal tersebut dikarenakan makanan yang mereka butuhkan dangatlah berbeda.

Ikan akan memakan berbagai macam jentik dan lumut yang berada didalam air, sedangkan katak akan memakan beberapa serangga air yang hidup di sekitarnya.

7. Hubungan Semut dan Rayap

semut dan Rayap merupakan jenis hewan yang sering kita temui dalam kondisi yang sama. Meskipun keduannya mampu untuk menghancurkan kayu, akan tetapi proses dan juga tujuannya sangat berbeda. Rayap akan memakan dan memproses zat kayu, sedangkan semut hanya dapat untuk menghancurkan kayu tanpa dapat memproses menjadi sebuah makanan.

8. Hubungan Kupu-kupu dan Kerbau

Hasil gambar untuk pengertian simbiosis netralisme

Contoh simbiosis netralisme selanjutnya adalah hubungan antara kupu kupu dengan kerbau. Keduanya merupakan makhluk hidup yang berada di alam bebas. Meskipun demikian, hubungan keduanya tidak memberikan keuntungan ataupun kerugian satu sama lain.

Contohnya adalah kerbau hidup dalam satu wilayah dan dalam wilayah tersebut terdapat beberapa kupu kupu, maka kehadiran kupu kupu tersebut tidak mengganggu aktivitas dari kerbau tersebut.

Hal ini dikarenakan kerbau memakan rumput yang ada diwilayah tersebut diwaktu yang berbeda, sehingga tidak mengganggu kupu kupu. Sedangkan kupu kupu akan mencari makanan berupa nektar pada bunga yang dicari saat siang hari. Akan tetapi jika melihat keduanya bersama dalam satu lingkup akan kelihatan lebih harmonis.

9. Hubungan Panda dengan Kera

Hasil gambar untuk pengertian simbiosis netralisme

Panda dan kera merupakan 2 makhluk hidup yang memiliki kepribadian yang sangat bertolak belakang. Panda dengan kepribadiannya yang malas bergerak, sedangkan kera yang selalu aktif berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Interaksi yang terjadi diantara keduanya sangatlah normal, mereka tidak saling mengganggu ataupun bersaing dalam memperebutkan wilayah ataupun makanan. Sehingga tidak mengherankan apabila panda dan kera disatukan dalam satu wilayah, keduanya akan damai saja dan pola interaksi yang terjadi diantara keduanya inilah yang disebut sebagai simbiosis netralisme.

Nah, itulah tadi beberapa contoh dari simbiosis netralisme semoga bermanfaat untuk teman-teman semua dan jangan lupa untuk baca terus bagipensil.com, karena kami akan berbagi lebih banyak informasi menarik lainnya disini.

 

 

 

Hasil pencarian: contoh simbiosis netralisme, hubungan gajah dengan jerapah, apa itu simbiosis netralisme, hubungan kupu-kupu dengan lebah, hubungan panda dengan kera

Tinggalkan komentar