Pengertian Simbiosis Amensalisme

Pengertian Simbiosis Amensalisme- Hai sobat BagiPensil kali ini saya akan memberitahu mengenai apa itu simbiosis amensalisme.  Sebelum masuk keintinya mungkin diantara kalian sudah ada yang tahu atau pernah mendengar tentang simbiosis amensalisme? Berikut ini adalah penjelasan mengenai simbiosis amensalisme. Secara terpisah, pengertian dari simbiosis adalah pola interaksi yang erat dan khusus antara dua pihak yang berlawanan jenis.

Istilah dari simbiosis diambil dari bahasa yunani, kata sym yang berartikan dengan dan sedangkan kata  biosis yang bisa diartikan sebagai kehidupa. Mahkluk hidup yang melakukan simbiosis disebut sebagai simbion.

Pengertian Simbiosis Amensalisme

Simbiosis amensalime adalah hubungan antara dua mahkluk hidup atau lebih yang berbeda jenisnya, salah satunya dirugikan sedangkan yang satunya tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian.

Macam-macam Bentuk Simbiosis

Contoh Simbiosi Amensalisme

 

1. Jamur Penicillium sp dan Bakteri Gram Positif

Jamur Penicillium sp adalah salah satu jamur yang manfaatnya banyak bagi manusia. Jamur Penicillium digunakan dalam mengembangkan anti-biotik bagi manusia. Jamur Penicillium juga dapat menghambat dan membunuh  perkembang biakan bakteri gram positif. Tetapi Penicillium kurang efektif untuk membunuh atau mengahambat perkembang biakan dari bakteri gram negatif.

Bakteri ini merupakan bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, yang berbahaya bagi manusia. Meskipun hubungan jamur Penicillium sp ini dengan manusia merupakan simbiosis komensalisme, akan tetapi hubungan jamur Penicillium sp dengan bakteri gram positif merupakan simbiosis  amensalisme.

2. Gulma dan Tanaman Padi

pengertian simbiosis amensalisme

Gulma dapat ,mengeluarkan senyawa alelopati yang sangat tinggi dan dapat menghambat pertubuhan tanaman padi. Senyawa alelopati ini membbuat padi tidak maksimal dalam menyerap unsur hara yang ada didalam tanah. Sihingga pertumbuhan gulma akan lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan padi.

Hubungan antara gulma dengan tumbuhan padi termasuk kedalam simbiosis amensalisme. Karena tumbuhan padi tidak dapat tumbuh dengan cepat dan baik, sedangkan gulma secara alami mampu memproduksi senyawa alelopati tidak diuntungkan ataupun dirugikan.

Senyawa alelopati dapat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan oraganisme lain di sekitarannya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memenangkan kompetisi nutrisi dengan tumbuhan lain yang berbeda jenis.

 3 Pohon Walnut dan Tanaman Lainnya

pengertian simbiosis amensalisme

Tanaman yang hidup di sekitaran pohon Walnut tidak akan dapat bertahan hidup dengan lama, dikarena pohon Walnut sama seperti Gulma yang dapat menghasilkan senyawa alelopati.

Oleh karena itu setiap tanaman yang berada disekitar pohon Walnut akan kalah bersaing untuk mendapatkan nutrisi yang ada disekitaranya, karena ia memiliki senyawa alelopati.

4 Dinoflagellata dan fitoplankton

pengertian simbiosis amensalisme

Dinoflagellata merupakan mikroorganisme yang termasuk kedalam golongan alga. Mikroorganisme ini memiliki bentuk yang sangat unik dan terkadang memiliki bentuk yang mirip dengan jenis alga lainnya. Beberapa jenis Dinoflagellata memiliki banyak bentuk yang sangat mirip dengan diatome.

Dinoflagellata merupakan organism yang bersel tunggal dan dapat menghasilkan senyawa alelokimia yang sangat merugikan Fitoplankton dan juga binatang yang ada di laut. Dinoflagellata juga dapat menyebabkan air laut berubah warna menjadi kemerah-merahan. Cangkangnya juga mengandung fosfor sehingga memedarkan cahaya pada malam hari.

Didalam sitoplasma terdapat plastid yang berisi pigmen klorifil dan pigmen coklat kekuning-kuningan. Ganggang ini berkembang biak dengan membelah sel dan pada sistem timbal balik Fitoplankton dan Dinoflagellata, sedangkan Dinoflagellata tidak mengalami kerugian ataupun keuntungan.

5. Lantana dan Gulma Anggur

Lantana atau Saliara merupakan kelompok tumbuhan bunga yang masuk kedalam keluarga Verbenaceae yang biasanya ditemukan dibeberapa daerah tropis seperti ameerika selatan dan amerika tengah. Lantana ini juga dapat menghasilkan senyawa alelopati yang dapat memberikan dampak pertumbuhan dan perkembangan dari Gulma anggur.

Meskipun begitu Gulma anggur merupakan tanaman yang merugikan akan tetapi Gulma tersebut kalah dengan senyawa yang dihasilkan oleh Lantana yang efeknya jauh lebih kuat dibandingkan dengan Gulma anggur.

Pola interaksi ini termasuk kedalam simbiosis amensalisme, hal ini dikarenakan tanaman Latana menghasilkkan senyawa kimia yang merugikan bagi tanaman lain sedangkan tanaman Latana sendiri merasa biasa saja.

6. Lamtoro dan Gandum

pengertian simbiosis amensalisme

Tumbuhan Lamtoro atau kemladingan merupakan salah satu tanaman yang dapat ditemukan dilingkungan sekitar kalian. Meskipun begitu tumbuhan ini memiliki manfaat yang dapat menyembuhkan banyak penyakit, akan tetapi tanaman ini dapat merugikan bagi tumbuhan lain.

Meskipun begitu tumbuhan Lamtoro menggunakan sistem tumpang sari pada tanaman lain, akan tetapi hal ini berlaku bagi tanaman gandum dan kunir. Hal ini dikarenakan terdapat senyawa yang dikeluarkan oleh Lamtoro, sehingga memberikan dampak buruk bagi gandum dan kunir. Akan tetapi hal ini tidak berlaku berlaku pada tumbuhan jagung ataupun padi, karena mereka tidak akan menerima dampak buruknya.

7. Pohon Pinus dan Tumbuhan Sekitarnya

pengertian simbiosis amensalisme

Pohon Pinus dapat mengeluarkan senyawa alelopati sama seperti pohon Walnut. Sehingga, tidak heran apabila dalam satu tempat atau lahan yang luas hanya dapat ditumbuhi atau ditanami oleh pohon Pinus saja dan orang-orang menamainya sebagai hutan pinus karena tidak ada tanaman yang dapat tumbuh dengan subur, Jika ada tanaman lain pun hanya rumput liar saja. Fungsi lain dari senyawa alelopati ialah untuk mempertahankan diri dari serangan patogen tanaman yang dapat merugikannya.

8. Hubungan Brokoli dengan Kubis

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki sejuta manfaat dalam kehidupan sehari harinya. Brokoli memiliki senyawa residu,

senyawa residu dapat mencegah pertumbuhan dari jamur Verticillium yang dapat mengakibatkan tanaman menjadi layu.

Akan tetapi,senyawa tersebut tidak berlaku bagi sayuran kubis. Akan tetapi, jika sayuran kubis berdekatan dengan brokoli, menyebabkan kubis cepat membusuk. Jadi, apabila menyimpan brokoli dan kubis sangat tidak dianjurkan jika berada dalam satu tempat yang berdekatan. Mengapa? karena akan merugikan kubis dengan senyawa yang dimiliki oleh brokoli.

9. Hubungan Rumput Teki dengan Tanaman Disekitarnya

Rumput teki atau yang biasa disebut dengan sebutan suket adalah tanaman yang pertumbuhannya sangat subur. Mereka akan terus tumbuh dan bereproduksi secara cepat dalam suatu wilayah.

Rumput teki sering kita temui disekitar rumah kita. Rumput teki

  • memiliki senyawa yang beracun yang menyebabkan tumbuhan sekitarnya mengalami hambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan.
  • Rumput teki juga mencuri unsur hara dan unsur-unsur yang dimiliki pada tanaman lain.

Tumbuhan yang berada disekitarnya mengalami kerugian karena kekurangan nutrisi dalam melakukan proses fotosintesis.

Dengan demikian, tanaman tersebut tidak dapat menghasilkan makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya dan kemudian menjadi cepat layu.

Dapat disimpulkan bahwa, rumput teki dapat merugikan tumbuhan disekitarnya.

 

Penutup

Nah, itulah beberepa pengertian beserta dengan contoh dari simbiosis amensalisme. Sekian yang bisa saya sampaikan kepada kalian semua, semoga dapat membantu kalian dalam memberikan informasi yang kalian butuhkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca 🙂

 

 

Hasil pencarian: Apa contoh simbiosis amensalisme?, Apa yang dimaksud dengan hubungan Amensalisme?, Apa yang dimaksud dengan amensalisme dan berikan contohnya?, Interaksi apakah yang terjadi antara ganggang hydrodictyon?

Tinggalkan komentar