Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa atau fine art adalah suatu cabang seni yang hasil karyanya dapat dinikmati oleh mata dan juga dapat disentuh dengan tangan.

Dengan kata lain, fine art merupakan suatu karya seni yang merupakan suatu karya seni yang berfokus pada keindahan visual dan sentuhan. Bagi orang-orang tertentu, fine art ini dapat menjadi sebuah hiburan tersendiri hanya dengan melihat atau menyentuhnya saja.

Banyak sekali orang yang memiliki pendapatnya masing-masing tentang fine art ini. Berikut ini adalah pendapat dari berbagai ahli fine art, unsur-unsur seni rupa, fungsi dari seni rupa dan yang lainnya.

 

Pendapat dari Berbagai Ahli Seni Rupa

1. Haukin

Haukin merupakan salah satu ahli seni rupa yang terkenal di dunia. Menurutnya, seni rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan kedalam sebuah benda. Haukin berpendapat jika sebuah seni rupa adalah seni yang juga dipamerkan atau dipertunjukkan didepan banyak orang.

2. Sussane K Langer

sussane K Langer adalah seorang filsuf yang berasal dari amerika. Menurutnya, pengertian seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. Sussane memberikan gambaran jika seni rupa adalah proses penciptanaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

3. La Mery

La Mery berasal dari negara Prancis, ia merupakan seorang ahli seni rupa yang bisa dibilang sangat terkenal. Dalam urusan seni rupa, La Mery juga memiliki pendapatnya sendiri tentang apa itu seni rupa. Menurut dia seni rupa adalah penglihatan yang dilakukan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan lebih indah.

 

Unsur-unsur Seni Rupa

pengertian seni rupa terapan

1. Unsur Titik

Titik merupakan unsur terkecil dan juga dasar dari semua ide seni yang akan dibuat oleh seorang seniman.

2. Unsur Garis

Garis merupakan unsur yang digabungkan oleh semua titik-titik menjadi suatu bentuk tertentu. Garis tersebut akan membentuk ciri khas dan watak suatu karya seni( lentur, kaku, keras, dan sebagainya )

3. Unsur Bidang

Bidang adalah hasil pengembangan dan penggabungan dari berbagai garis sehingga menghasilkan beberapa sisi dalam suatu karya seni.

4. Unsur Bentuk

Bentuk adalah unsur yang membuat suatu karya seni terlihat lebih bermakna dan hidup dengan segala detail serta sentuhan yang membuatnya lebih indah.

5. Unsur Ruang

Unsur ruang merupakan unsur yang mempunyai sifat nyata dan semu, tergantung pada pembuatan dimensinya ( 2D dan 3D )

6. Unsur Warna

Warna adalah unsur yang sangat penting pada suatu karya seni. Karena paduan dari warna tersebut dapat membuat suatu karya seni menjadi lebih indah.

7. Unsur Tekstur

Dalam hal ini tekstur merupakan sifat atau keadaan yang terdapat pada suatu karya seni. Karena didalam sebuah seni, tekstur terdiri dari dua jenis yaitu tekstur semu dan tekstur nyata.

8. Unsur Terang dan Gelap

Unsur terang dan gelap adalah unsur yang dapat membuat sebuah karya seni terlihat lebih nyata, karena berhubungan dengan detail suatu objek dalam seni rupa.

 

Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

Pengertian seni rupa

Seni rupa juga memiliki dua wujud yaitu seni rupa dua dimensi dan juga sedni rupa tiga dimensi. berikut ini adalah penjelasan dari kedua seni rupa tersebut :

Pengetian Seni Rupa 2 Dimensi

Seni 2 dimensi adalah karya seni yang hanya dapat dilihat dari satu sudut pandang dan mempunyai dimensi panjang dan lebar. Contoh : lukisan, relief, grafis dan yang lainnya.

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Seni 3 dimensi adalah karya seni yang memiliki bentuk bangun ruang dan volume dimana dimensinya terdiri dari panjang, tinggi, dan lebar. Contoh : keramik, patung, kriya, dan yang lainnya.

 

Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Ragam Fungsinya

Pengertian seni rupa murni

Jika dilihat dari fungsinya maka seni rupa bisa dibagi menjadi dua yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni. Seni rupa terapan dan seni rupa murni memiliki pengertian yang berbeda-beda. Berikut ini pengertian dari seni rupa terapan dan seni rupa murni :

1. Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah seni rupa yang lebih mengutamakan nilai gunanya daripada nilai keindahannya. Meskipun seni rupa terapan memiliki nilai keindahan, namun yang lebih menonjol adalah nilai gunanya.

Contoh dari seni rupa terapan adalah pakaian, pakaian memiliki nilai guna yang tinggi yaitu untuk menutupi tubuh manusia. Walaupun pakaian memiliki indahannya tersendiri, namun yang paling diutamakan adalah kegunaannya.

2. Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni berbeda dengan seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah jenis seni rupa yang hanya mengutamakan keindahan bukan mengutamakan fungsinya. Dalam hal ini karya seni hanya berfungsi sebagai benda yang untuk dinikmati keindahannya. Selain hanya keindahan, hal lain hanya menjadi pelengkapnya saja.

Contoh dari seni rupa murni adalah lukisan. Lukisan hanya untuk pajangan saja dan dinikmati keindahannya. Lukisan tidak memiliki nilai guna dalam kehidupan sehari-hari selain keindahan. Selain lukisan ada lagi yaitu sebagai berikut :

  • Seni patung
  • Seni keramik
  • Seni kaligrafi
  • Seni grafis

 

Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Massanya

jenis jenis seni rupa

Seni rupa berdasarkan massanya itu di bedakan menjadi tiga, yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern, seni rupa kontemporer. Ketiga macam massa tersebut memiliki perbedaan berikut penjelasannya.

Seni Rupa Tradisional

Sifat dari seni rupa tradisional itu sangat statis, karena dari dulu sampai dengan sekarang pola ataupun bentuknya sama dan tidak berubah.

Seni Rupa Modern

Seni rupa modern adalah seni rupa yang di tandai dengan sentuhan berbagai kreativitas yang bersifat lebih individualis.

Seni Rupa Kontemporer

Seni rupa konteporer merupakan sebuah seni yang tercipta diwaktu tertentu sehingga sifat dari seni ini adalah kekinian atau mengikuti perkembangan zamannya.

 

Fungsi Seni Rupa

pengertian seni rupa

Pada umumnya, fungsi seni rupa dapat dibagi menjadi dua, adapun fungsi seni rupa adalah sebagai berikut :

1. Fungsi Individu

Seni rupa dapat berfungsi sebagai pemuas kebutuhan individu, khususnya bagi seorang seniman. Ada pula kepuasan batin yang dapat dirasakan oleh seorang seniman ketika dapat mengekspresikan dirinya melalui karya seni yang dia ciptakan.

2. Fungsi Sosial

Selain untuk menjadi kepuasan individu, kepuasan batin juga dapat dirasakan oleh masyarakat yang mencintai suatu seni rupa yang mereka lihat. Oleh sebab itu ada banyak sekali orang yang membeli suatu karya seni yang mereka sukai meskipun harganya terbilang mahal.

Selain fungsi individu dan sosial, seni rupa juga memiliki fungsi yang lainnya yaitu :

  • Sebagai sarana penemuh kebutuhan emosional individu, misalnya untuk mengekspresikan diri untuk kepuasan batin
  • Menjadi sarana keperibatan atau media untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta
  • Sebagai sarana komunikasi di dalam suatu kelompok masyarakat
  • Memberikan edukasi kepada masyarakat, baik secara tersirat maupun secara tersurat
  • Untuk mengenang dan juga melestarikan budaya bangsa Indonesia

 

Itulah tadi adalah penjelasan tentang pengertian seni rupa, unsur-unsur, fungsi, jenis-jenisnya, dan macam-macam seni rupa. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian, jangan lupa untuk terus belajar dan terima kasih telah membaca 🙂

 

 

Hasil Pencarian : pengertian seni rupa 2 dimensi, pengertian seni rupa 3 dimensi, pengetian menurut para ahli, pengertian seni rupa terapan, pengertian seni rupa murni, pengertian seni rupa terapan dan murni.

Tinggalkan komentar