Seni Musik: Definisi, Jenis, Genre, Unsur (Terlengkap)

Secara umum, seni musik merupakan salah satu cabang seni yang menggunakan suara dan unsur-unsurnya sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan perasaan seorang seniman.

Pendapat lain dari seni musik adalah suatu cabang seni yang menggunakan suara sebagai sarana penyampaiannya dimana suara tersebut disusun sedemikian rupa sehingga memiliki irama, nada, lagu, dan keselarasan.

Seperti yang kita ketahui bahwa seni musik memiliki banyak sekali model-model musik. Terutama untuk musik yang sedang berkembang di masa kini. Berbagai macam alat musik diciptakan hanya untuk memuaskan rasa bermusik dan memanjakan pecinta musik.

 

Definisi Seni Musik Menurut Para Ahli

pengertian seni music

Supaya kamu lebih memahami arti dari seni musik, maka kita juga dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli berikut ini.

1. David Ewen

Menurut David Ewen, seni musik merupakan ilmu pengetahuan dan seni tentang pengkombinasian ritmik serta beberapa nada, baik itu vokal ataupun instrumen yang mencakup sebuah melodi serta harmoni sebagai ekspresi segala sesuatu hal yang ingin diungkapkan lebih dalam dari sisi emosional.

2. Remy Sylado

Menurut Remy Sylado seni rupa merupakan suatu wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara / nada yang berjiwa sehingga dapat menggerakkan isi hati orang yang menikmatinya.

3. Aristoteles

Menurut Aristoteles, pengertian seni musik ialah tuangan kemampuan serta tenaga penggambaran yang berawal dari gerakan rasa dalam satu deretan nada (melodi) yang memiliki irama.

4. Jamalus

Seni musik merupakan hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk dan komposisi yang mengungkapkan pikiran maupun perasaan penciptanya dengan unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, dan bentuk ataupun struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.

5. Lexicographer

Menurut Lexicographer, bahwa seni musik adalah kombinasi nada, vokal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

6. Suhastjarja

Menurut Suhastraja, seni musik merupakan suatu ungkapan sara indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat

 

Jenis-jenis Seni Musik

macam macam musik

Seni musik memiliki 3 jenis, dan jenis-jenis tersebut antara lain msuik kontemporer, musik tardisional, dan musik modern. Berikut ini adalah penjelasan mengenai 3 jenis musik di atas.

1. Musik Kontemporer

Musik konteporer merupakan msuik yang berkembang pada masa tahun 1990-an. Musik ini memiliki ciri-ciri yakni variasi nada yang kompleks, memiliki warna atau jenis bunyi, tempo, dan ritme yang bervariasi. Sumber bunyibervariasi tidak hanya dari musik instumental.

2. Musik Tradisional

Musik tradisional biasanya adalah warisan dari nenek moyang yang diberikan turun-temurun ke generasinya. Musik tradisional masih memakai lirik bahasa daerah, tidak memiliki notasi, dan alat musik yang digunakan juga alat musik tradisional seperti gamelan, angklung, dan karawitan.

3. Musik Modern

Seperti yang kita tahu saat ini musik modern sangat berkembang pesat secara universal. Seni musik modern merupakan seni musik yang sudah terakulturasi dengan teknologi dan budaya yang modern baik instrumen musik maupun cara penyajian musik.

 

Unsur-unsur Seni Musik

unsur unsur seni musik

Unsur-unsur seni musik merupakan bagian-bagian yang membentuk karya musik menjadi suatu kesatuan komposisi nada atau bunyi yang dapat dikatakan musik. Bunyi atau suara yang tidak diaransemen belum tentu menjadi musik jika tidak diperhatikan unsur dan cara menyusunnya.

Unsur seni musik terbagi menjadi 2 yaitu unsur pokok (irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur musik) dan unsur ekspresi (tempo, dinamika, dan warna nada)

Namun, sebenarnya unsur-unsur ekspresi sering juga disebut sebagai prinsip seni musik. Karena unsur ekspresi mangacu pada cara seorang musisi menyajikan unsur pokok yang bisa disebut sebagai acuan kebenaran, prinsip, atau paham yang diambil.

Unsur Pokok Seni Musik

1. Suara

Suara merupakan unsur paling dasar dari seni musik. Suara adalah perubahan getaran udara yang memiliki panjang gelombang. Aspek-aspek dasar suara dalam musik dapat dibagi menjadi 4: Tala(tinggi nada), durasi(berapa lama suara dikeluarkan), intensitas, dan timbre(warna nada).

2. Irama

Irama atau yang lebih dikenal dengan ritme merupakan panjang pendek dan tinggi rendah suatu nada. Unsur irama adalah unsur yang sangat penting dalam seni musik karena irama menentukan ketukan dalam bermusik.

3. Melodi

Melodi merupakan suatu bentuk susunan bunyi yang berurutan dari tinggi ke rendah atau sebaliknya dari rendah ke tinggi. Melodi adalah salah satu daya tarik dalam seni musik. melodi adalah susunan atau rangkaian nada dengan getaran teratur yang terdengar berurutan dan mengungkapkan suatu perasaan atau pikiran.

4. Harmoni

Harmoni merupakan perpaduan yang teratur antara melodi dengan nada secara terus menerus sehingga menghasilkan keindahan kompisisi musik.

5. Birama

Birama adalah unsur seni musik berupa ketukan atau ayunan secara berulang-ulang secara teratur dalam tempo yang sama. Biasanya ketukan birama ditulis dengan 2/4, 2/3, 3/4, dan seterusnya.

Angka pertama sebelum garis miring merupakan pembilang yang menunjukkan nilai ketukan pada setiap birama, sedangkan anka sesudah garis miring berarti penyebut yang menujukkan nilai notasi alam satu ketukan.

6. Tangga Nada / Struktur

Unsur seni musik yang satu ini biasa digunakan untuk mengatur para pemain musik dalam orkestra. Tangga nada adalah unsur musik yang terdiri atas nada yang tersusun berjenjang mulai dari nada dasar sampai nada tinggi yang merupakan unsur penting pada pertunjukan musik.

7. Nada

Pembagian suara kedalam suatu frekuensi tertentu yang disebut dengan nada. nada adalah satuan terkecil dari seni musik yang dapat dibai-bagi ke dalam tinggi rendahnya menurut frekuensi ataupun jarak relatif nada patokan. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nda terdiri dari: tangga nada mayor, minor, dan pentatonik.

Unsur Ekspresi

Prinsip seni musik adalah cara membawakan wujud atau unsur pokok yang telah dijelaskan diatas.

Unsur ekspresi dalam sebuah musik meliputi tempo atau tingkat kecepatan musik, dinamika atau tingkat volume suara, warna nada atau timbre yang tergantung pada cara memproduksi suaranya.

Berikut ini penjelasan mengenai beberapa prinsip atau unsur ekspresi, bisa dikatakan juga kelanjutan dari unsur-unsur seni musik di atas.

1. Tempo

Tempo adalah kecepatan birama lagu ketika dibawakan. Tempo dalam istilah bahasa Italy yang berarti waktu, di dalam seni musik tempo menunjukkan kecepatan. Berikut ini macam-macam tempo:

  • Larghissimo: sangat lambat, mirip seperti mendengung
  • Adagio: lambat tapi santai
  • Lento: lebih lambat dan perlahan
  • Largo: sangat lambat
  • Allegro: cepat
  • Moderato:  sedang (tidak lambat dan tidak cepat)
  • Andante:  lambat – sedang
  • Andante Moderato:  sedikit lebih lambat dari andante
  • Vivace: lebih cepat dan lincah
  • Presto: sangat cepat

2. Dinamik

Dinamik merupakan kekuatan bunyi yang memainkan peranan besar dalam menciptakan ketegangan atau tensi musik.

Apabila semakin keras musik semakin kuat tingkat ketegangannya (dynamic tension).  Namun, sebaliknya apabila semakin lembut maka semakin lemah tingkat ketegangnnya.

Berikut berbagai macam dinamik:

  • Dinamika Forte (f): Keras
  • Dinamika Fortissimo (ff): Sangat keras
  • Dinamika Mezzo Forte (mf): Agak keras
  • Dinamika Piano (p): Lembut
  • Dinamika Pianissimo (pp): Sangat lembut
  • Dinamika Mezzo Piano (mp): Agak lembut
  • Dinamika Sforzando (sfz): Perpindahan bagian lagu yang sangat berbeda secara mendadak
  • Dinamika Sforzato piano (sfp): Dimainkan dengan penekanan tertentu dengan lebih tenang
  • Dinamika Piano forte (pf): Mulai dengan lembut diikuti dengan keras
  • Dinamika Crescendo (<): Makin lama makin keras
  • Dinamika Decrescend (>): Makin lama makin lembut
  • Dinamika Stacato: Dimainkan dengan terputus-putus, dengan singkat / cepat
  • Dinamika Stacatissimo: Dimainkan dengan sangat teputus-putus / dipisah
  • Dinamika Portato: Artikulasi ketukan terutama dibagian yang lembut
  • Dinamika Marcato: Dimainkan dengan lebih bertenaga / keras

3. Timbre/ Warna Nada

Timbre adalah warna bunyi atau mudahnya ciri khas sebuah bunyi yang terdengar bermacam-macam. Timbre yang berbeda dapat dihasilkan oleh cara memproduksi nada atau bahan sumber yang berbeda-beda pula.

Fungsi Seni Musik Secara Umum

pengertian musik pop

Semua karya seni pasti memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing bagi kehidupan manusia demekian juga dengan seni musik. berikut ini adala fungsi dari seni musik.

  • Sarana Upacara

    Dalam setiap upacara, musik selalu menjadi bagian penting dalam proses pelaksaannya. Contohnya upacara pernikahan, upacara adat, upacara keagamaan, kenegaraan, dan upacara lainnya.

  • Sarana Hiburan

    Musik tidak hanya dapat mengekspresikan perasaan para seniman, namun juga bisa menjadi sarana hiburan bagi orang yang mendengarkannya. Orang yang mendengarkan suatu jenis musik dapat merasakan emosi seorang seniman sehingga orang yang mendengarkannya merasa terhibur.

  • Sarana Tari

    Setiap tarian selalu diiringi oleh musik sehingga keduannya tidak dapat dipisahkan. Tarian dan musik memiliki pola dan ritme yang sama sehingga keduannya saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

  • Sarana Terapi

    Musik juga ternyata banyak digunakan sebagai sarana terapi bagi mereka yang mengalami gangguan mental atau masalah kesehatan lainnya. Hal ini dilakukan karena musik dapat memberikan efek relaksasi pada sistem otak manusia sehingga pikiran dan tubuh lebih tenang untuk memudahkan proses pengobatan / pemulihan.

  • Sarana Mengekspresikan Diri

    Seorang seniman dapat mengekspresikan diri dan perasaannya melalui musik. Ekspresi dan perasaan seseorang dalam musik dapat diketahui melalui melodi dan tempo musik yang dimainkan orang tersebut.

 

Macam-macam Genre Musik

pengertian seni music

Setelah kamu tahu tentang jenis-jenis, fungsi, dan unsur-unsur jenis musik, Ada baiknya kamu juga mengetahui tentang genre musik yang ada dan berkembang sampai jaman sekarang ini. Apa sajakah genre musik tersebut? Berikut ini adalah beberapa genre pada musik.

1. Funk

Macam musik yang satu ini adalah penggabungan antara musik jazz, rythm, dan blues. Yang berkembang sejak tahun 1996-an di Amerika Serikat. Musik ini memiliki nada gitar yang mendominasi diselingi dengan drum dan musik yang terpotong sehingga membuat alunan yang gembira untuk berdansa.

2. Blues

Kamu pasti pernah mendengar musik blues. Musik ini adalah musik yang berkembang di Amerika Serikat. Genre ini tercipta dari sebuah konotasi perasaan melankolis dan frustasi. Jenis musik ini kerap dijadikan sebagai musik pujian dan spiritual.

3. Reggae

Musik reggae memiliki ciri khas ritme yang backbeat dan progresi kord yang bisa dibilang mudah. Di Amerika, musik yang sering dinikmati dengan jogetan ini sukses menarik minat banyak pendengar melalui jenis musik yang menggambarkan kebebasan, jiwa muda, dan ekspresi pemberontakkan.

4. Jazz

Musik jazz memiliki banyak sekali penggemar di Indonesia. Musik yang lahir di Amerika sekitar tahun yang ke 1960 ini didominasi dengan alat musik biola, piano, saksofon, bass, gitar, terompet dengan lirik yang begitu mendalam. Dengan melalui genre musik jazz ini banyak sekali musisi yang terkenal dan mendunia.

5. Klasik

Buat kamu yang sering mendengarkan musik pengantar tidur, kamu pasti mengenal sekali jenis musik yang satu ini. Musik klasik memiliki nada dan harmonisasi yang begitu menarik dibandingkan dengan genre musik yang lainnya. Pembawaannya yang tenang, membuat pendengar merasa rileks dengan jenis musik yang satu ini.

6. Rock

Genre musik rock merupakan perpaduan dari jazz, country, rythm, dan blues. Dengan menggunakan alat musik bass, gitar, drum yang mendominasi musik ini sudah memiliki submusik rock yang lain. Seperti hardrock, funkrock, sampai softrock.

7. Dangdut

Musik dangdut merupakan berbagai macam genre musik yang berasal dari negara Indonesia. Genre musik ini merupakan perpaduan antara musik india dan juga melayu dengan sentuhan campursari. seiring dengan perkembangan jaman musik dangdut saat ini telah mendunia.

8. Hip Hop

Musik hip hop memiliki perpaduan antara nada dan ritme yang unik sehingga cocok untuk dipadukan dengan musik rapp. Mulai berkembang dan dikenal oleh masyarakat pada sekitar tahun 1970-an di Amerika. Banyak musisi terkenal yang terlahit dari aliran musik yang satu ini.

9. Pop

Musik pop berasal dari kata “Populer” yang merupakan genre musik yang paling mudah untuk didengar dan memiliki banyak sekali peminatnya. Pada awalnya sekitar tahun 1920 musik pop hanya digunakan sebagai musik pengiring tarian. Sampai pada tahun 1890 musik pop telah mendunia dan memiliki banyak penggemar.

Medium Seni Musik

Medium seni musik merupakan penghantar bunyi atau suara yang digunakan dalam seni musik contohnya: vokal, instrumen (alat musik), perkusi dan ansambel.

A. Vokal

Vokal ialah suara yang dikeluarkan oleh manusia dengan mengatur nada, dan unsur musik lainnya sehingga dapat mengatur bunyi secara teratur dan tertata yang sesuai dengan musik.

B. Instrumen

Instrumen merupakan berbagai macam alat yang dapat menghasilkan bunyi yang memiliki nada untuk diolah menjadi sebuah musik. Terdapat banyak instrumen seperti: gitar, piano, angklung, harpa, dll.

C. Ansambel

Ansambel adalah medium musik yang menghasilkan suara sederhana dan lebih terbatas dari sisi pengaturan tangga nada instrumen, namun cocok untuk menjadi pengisi harmoni.

D. Perkusi

Perkusi yakni alat musik yang didasari dengan ketukan dan pukulan.

 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian seni musik, fungsi, macam-macam genre musik, unsur-unsur, serta jenis-jenis musik. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua dan dapat menambah wawasan kalian, sampai jumpa dipertemuan berikutnya.

 

 

 

 

 

Hasil pencarian : pengertian musik pop, pengertian musik dangdut, pengertian musik reggae, pengertian musik funk, pengertian musik blues, pengertian musik hip hop, pengertian musik rock, pengertian musik jazz, pengertian musik klasik, macam macam genre musik, jenis jenis seni musik, unsur unsur seni musik, fungsi seni musik, pengertian seni musik menurut Aristoteles, pengertian seni musik menurut para ahli, macam-macam alat musik tradisional.

Tinggalkan komentar