Kerajinan dari Sabun

gambar kerajinan sabun

Kerajinan dari sabun- Mungkin kalian selama ini mengira bahwa sabun itu kegunaannya hanya untuk mandi, mencuci, dll. Tetapi sebenarnya sabun bisa dibuat menjadi suatu kerajinan atau karya yang indah.

Kerajinan dari sabun merupakan salah satu kerajinan yang cukup unik dan kreatif. Selain bisa menghasilkan berbagai bentuk yang indah, kerajinan ini juga tidak memerlukan biaya yang banyak karena hanya berasal dari bahan sabun saja.

Sabun batang dapat dijadikan sebuah karya seni yang sangat memukau, sabun batang memiliki tekstur yang padat tetapi juga sangat lentur.

kerajinan dari bahan sabun ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti berikut :

Kekurangan dari Kerajinan Sabun

  1. Tidak tahan benturan, terbentur sedikit saja pasti akan merubah bentuk hiasan dari sabun ini jadi lebih baik di masukkan kedalam toples kaca.
  2. Tidak tahan saat terkena air
  3. Faktor kegagalan dalam membuatnya cukup tinggi
  4. Bahan untuk membuat kerajinannya mudah untuk di temukan
  5. Harganya terjangkau
  6. Mudah untuk di bentuk

Teknik Membuat Kerajinan dari Sabun Batang

Ada 2 teknik yang digunakan dalam membuat kerajinan dari sabun batang yaitu :

  • Teknik ukir/pahat

Sabun mandi batangan diukir menggunakan pisau ukir/alat ukir berdasarkan sketsa/motif dan bentuk tertentu.

  • Teknik leleh dan cetak

Sabun batang dilelehkan dan dicampurkan dengan bahan lain untuk selanjutnya dituangkan ke sebuah cetakan dengan bentuk tertentu. Teknik ini lebih mudah dan cepat daripada teknik ukir.

Cara Membuat Kerajinan Sabun Batang

gambar kerajinan sabun

Berbeda dengan proses memahat kayu yang lebih sulit dan harus dilakukan oleh orang terlatih. Memahat sabun dapat dilakukan dengan mudah. Tetapi kamu juga harus tetap berhati-hati karena cara membuatnya memakai pisau / gunting. Berikut ini cara memahat sabun :

1. Teknik Ukir/Pahat

Bahan dan Alat

  1. Sabun
  2. pensil
  3. Alat pahat
  4. kertas
  5. gunting / pisau cutter

Jadi bahan-bahannya cukup mudah untuk ditemukan, ok kita lanjut ke cara membuatnya…..

Cara membuat :

  1. Pertama persiapkan semua alat dan bahan. Alat ukir yang lengkap agar dapat menghasilkan bentuk yang detail. kalau bisa Pilihlah sabun batang yang besar, semakin besar ukuran sabun batangan semakin mudah dalam mengukir.
  2. Buatlah desain gambar pada kertas gambar sesuai dengan keingin bentuk apa yang ingin kamu ukir. Tentukan obyek apa yang akan kamu buat.
  3. Permukaan sabun ratakan dari nama produk. Pada beberapa produk sabun, umumnya di atas permukaan terdapat ukiran brand sabun tersebut. Sebelum mengukir alangkah baiknya meratakan permukaan sabun.
  4. Tempelkan kertas dan gambarlah yang sudah kamu gambar di atas sabun batang. Buatlah gambar sesuai dengan sketsa gambar yang sudah kamu gambar untuk diterapkan di atas permukaan sabun. Maksimalkan ukuran sabun dari sudut ke sudut sehingga bentuk yang dihasilkan tidak terlalu kecil dan nantinya tidak terlalu banyak menyerut sabun untuk dibuang.
  5. Lakukan pengukiran dengan mengikuti pola yang sudah kamu gambar. Cukil dan serut sedikit demi sedikit di bagian tepi-tepi sabun yang berada di luar desain yang kamu buat. Pastikan ketika menyukil jangan terlalu dekat dengan garis yang sudah kamu gambar. Ukirlah dengan perlahan-lahan agar menghasilkan bentuk yang kokoh dan tidak mudah patah.
  6. Jika sudah terbentuk, kamu dapat menghaluskan bentuk dengan menggunakan amplas. Perbaiki jika ada retakan kecil dan goresan diluar keinginan kalian dan kemudian perhalus dengan jari kamu.
  7. Lakukan hingga membentuk kerajinan sabun yang kamu inginkan.
Pastikan tangan selalu kering. Bila tangan basah atau lembab, sabun akan menjadi sangat licin dan akan mengakibatkan kerusak pada sabun. Hati-hati dalam mengukir objek pada sabun. Karena sifat sabun yang lunak, sabun mudah sekali hancur.
jika tangan anda terluka lebih baik gunakan sarung tangan plastik atau semacamnya untuk menghindari rasa pedih, karena luka kecil jika terkena sabun akan sangat sakit dan perih.
Jika kamu sudah mahir dalam membuat kerajinan ini, kamu bisa membuatnya menjadi berbagai bentuk contoh:
Bentuk Bunga

produk kerajinan sabun bentuk bunga indah 5

Kerajinan dari sabun yang paling banyak dibuat dari bahan sabun adalah bunga. Memang cara membuatnya sedikit rumit karena kamu harus membuat sabun batangan tersebut menjadi sebuah bentuk yang indah dengan sedetail mungkin. Untuk membuatnya, gambarlah sketsa gambar dengan sebaik mungkin, dan cukilkan sabun dengan perlahan-lahan agar menghasilkan bentuk yang detail tipis dan indah.

Bentuk Binatang

Kerajinan dari sabun berbentuk binatang ini bisa menjadi salah satu pilihan membuat anak anda semakin bersemangat untuk mandi. Cara membuatnya sangat gampang dan bisa dibuat hanya dengan peralatan yang ada di rumah.

Cukup sediakan sabun batangan dengan warna yang menarik, alat ukir lengkap, pensil, dan air. Langkah pertama-tama yaitu buat dulu pola binatang yang akan kalian bentuk di atas permukaan sabun batangan dengan menggunakan pensil. Lalu ukir sabun tersebut di atas pola yang telah kalian buat. Baru ukirlah kembali dengan lebih detail. Terakhir haluskan hasil ukiran.

Bentuk doraemon

Sabun juga bisa juga dibuat menjadi bentuk doraemon, yang mana tokoh kartun yang satu ini sangat terkenal dan lucu. Membuat kerajinan yang satu ini memang sedikit sulit dalam membuatnya, akan tetapi kamu bisa mengimajinasikan sendiri sesuai dengan bentuknya. Atau kamu bisa membuat print gambar doraemon terlebih dahulu baru kemudian ditempelkan ke sabun.

Ok kita lanjutkan ke teknik berikutnya……

2. Teknik Leleh atau Cetak

selanjutnya saya akan memberitahu cara membuat kerajinan sabun dengan teknik leleh atau cetak berserta dengan bahan dan alatnya.

Cara yang ini di buat dengan membentuk adonan sabun sehingga sabun menjadi lunak seperti plastisin dan mudah untuk dibentuk. Cara membuat kerajinan sabun dengan cara membuat adonan adalah sebagai berikut:

Bahan dan Alat

  1.  1 buah sabun mandi
  2.  5 sdm air panas
  3. tepung maizena secukupnya
  4. pewarna secukupnya
  5. parutan kelapa untuk memarut sabun

Cara membuat :

  • Sabun batangan diparut dengan parutan kelapa sehingga menjadi butiran kecil.
  • Campur dengan air panas dan diaduk sampai rata.
  • Jika akan menggunakan pewarna masukkan beberapa tetes pewarna makanan.
  • Lalu masukkan tepung maizena secukupnya agar adonan yang dibuat tidak lengket di tangan. Jika adonan masih lengket tambahkan tepung maizena lagi.
  • Bentuklah menjadi bunga matahari, bunga mawar, binatang, barang, mobil, dll.

Jadi itulah beberapa teknik atau cara dalam membuat kerajinan dari bahan sabun.

Manfaat Kerajinan Sabun

Pendidikan

  • Meningkatkan kreativitas dan potensi setiap anak dengan semua imajinasi mereka yang tertuang dalam karya seni ini.
  • Pengetahuan anak akan lebih luas dan cepat berkembang, menemukan hal baru yang unik dan menarik.
  • Melatih setiap anak menjadi cerdas dalam menemukan ide-ide

Ekonomis

Kerajinan dari sabun ini banyak mengadung unsur seni yang tinggi dan menghasilkan sebuah karya yang bernilai jual  lumayan tinggi. Dengan harga sabun batangan yang relatih murah, dan harga jadi yang tinggi hal ini menjadi karya seni ini menjadi peluang pendapatan yang menjanjikan.

Hiasan

Beraneka ragam bentuk yang lucu, indah dan menarik dari kerajinan sabun ini membuat banyak sekali orang kagum ketika melihatnya. Karya seni ini juga dicari banyak orang untuk digunakan sebagai hiasan di rumah mereka.

 

Satu pemikiran pada “Kerajinan dari Sabun”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: