Doa Naik Kendaraan

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara- Pada zaman Rasulullah, kendaraan darat yang dipakai hanya ada unta dan kuda, ada pula kendaraan laut yaitu kapal. Berbeda dengan zaman sekarang yang mempunyai banyak sekali kendaraan seperti sepeda motor, mobil, pesawat bus, kereta api, kapal dan lain-lain.

Sebagai seorang muslim kita diajarkan oleh Rasulullah untuk membaca doa naik kendaraan, ketika kita hendak menggunakan atau mengendarai kendaraan supaya terhindar dari marabahaya yang akan menimpa kita, dan juga supaya dilindungi oleh allah, sehingga kita bisa sampai tujuan dengan selamat.

Berikut ini adalah doa untuk mengendarai kendaraan, mulai dari kendaraan darat, laut, dan udara.

Doa Naik Kendaraan Darat

Kendaraan darat adalah kendaraan yang sering sekali kita gunakan untuk berpergian kesuatu tempat, mau itu jauh ataupun dekat. Banyak sekali jenis-jenis kendaraan darat seperti motor, kereta, mobil, sepeda, dan yang lainnya.

Namun ketika kamu ingin mengendarai atau menaiki itu semua kamu harus berdoa terlebih dahulu, supaya kamu bisa sampai ke tempat tujuan, berikut doanya

doa naik kendaraan darat

Bacaan Latin :

Subhaanal ladzii sakhhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamungqolibuuna

Artinya :

” Maha suci Allah yang memudahkan ini ( kendaraan ) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada tuhan kami”.

 

Doa Naik Kendaraan Laut

Kendaraan laut tidak terlalu banyak sama seperti kendaraan darat, jenisnya hampir sama namun yang paling umum sering digunakan oleh masyrakat adalah perahu dan kapal.

Kapal dan juga perahu digunakan untuk menyebrangi suatu tempat yang di batasi oleh laut, supaya memudahkan seseorang untuk menyebrangi laut.

Saat kamu menaiki kendaraan laut kamu disunnahkan untuk membaca doa ini supaya Allah melindungi kamu sampai tujuan.

doa naik kapal

Bacaan Latin :

Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rahiim. Wa maa qadarullaaha haqqa qadrih.

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha  Penyayang”( Q.S Hud : 41 ).  “Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya”( Q.S Al-An’am : 19 )

Rasulullah bersabda, Bahwa orang yang mengucapkan doa dan dzikir tersebut akan selamat dari tenggelam dan jatuh.

 

Doa Naik Kendaraan Udara

Jika kamu berpergian ke suatu tempat yang lumayan jauh dari rumah kamu dengan menaiki pesawat, itu akan membuat kamu lebih cepat sampai ke tempat tujuan.

Sedangkan jika kamu kamu menaiki kendaraan umum akan menghabiskan waktu yag lebih lama dibandingkan dengan menaiki pesawat. Berikut ini adalah doa saat menaiki pesawat.

doa naik pesawat

Bacaan Latin :

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun

Artinya :

” Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (Pesawat) ini, padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali”

 

Doa Turun dari Kendaraan

Ketika hendak turun dari kendaraan yang kamu tumpangi, sebelum turun sebaiknya kamu membaca doa turun dari kendaraan tersebut, berikut doanya .

doa turun dari kendaraan

Bacaan Latin :

A’uudzu bikalimaatilaahit taammati min syarri maa kholaq

Artinya :

” Aku berlindung dengan menyebut nama Allah yang Maha Sempurna dari semua kejahatan yang dijadikan-Nya”

 

itulah bacaan doa naik kendaraan darat, laut, dan udara beserta deang latin dan juga terjemahanya. Pada saat mengendarai atau menumpangi suatu kendaraan alangkah baiknya kita senantiasa untuk mengucapkan doa supaya Allah SWT melindungi kita dari marabahaya dan kita bisa selamat sampai ke tempat tujuan dengan selamat, selain itu bisa menambah pahala. Semoga bermanfaat bagi kalian semua dan terima kasih telah membaca artikel ini 🙂

Tinggalkan komentar