Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid

Doa Masuk Masid dan Keluar Masjid- Sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk berdoa ketika hendak melakukan suatu kegiatan, seperti masuk kamar mandi, bercermin, ketika hendak makan, dan lain-lain.

Begitu juga saat hendak masuk masjid dan keluar masjid. Karena masjid adalah tempat yang suci yang dimuliakan oleh allah SWT yang wajib dihormati dan dijaga kebersihannya.

Sebagai umat Islam wajib untuk menghargai dan menggunakan sopan santun yang tepat ketika memasuki tempat ibadah.

Sebelum memasuki masjid alangkah baiknya kita berwudhu terlebih dahulu supaya dalam keadaan suci karena masjid adalah tempat ibadah. Setiap muslim wajib mengetahui dan juga paham bagaimana bacaan doa masuk masjid yang benar.

 

Doa Masuk Masjid

doa masuk masjid dan keluar masjid

Latin :

Allahummaf tahlii abwaaba rohmatik

Artinya :

“Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

 

Doa Keluar Masjid

doa masuk masjid dan keluar masjid

Latin :

Allahumma innii asaluka min fadlik

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu”

 

Adab-Adab Ketika Di Masjid

Masjid adalah rumah Allah yang berada di bumi. Memiliki kedudukan yang agung  di mata kaum muslimin karena menjadi tempat untuk beribadah. Oleh karena itu kalau masuk kedalam masjid kita harus menjaga adab kita, karena itu adalah rumah Allah. Berikut adab-adab ketika di masjid.

1. Niat Kepada Allah

Jika kamu hendak pergi ke masjid di harus berniat terlebih dahulu, sehingga Allah menerima ibadah yang kamu lakukan di masjid. Karena sesungguhnya setiap amalan yang kamu lakukan itu tergantung dari niatnya.

2. Berpakaian Rapi dan Wangi ketika Menuju masjid

Sebagaimana Allah berfirman :

adab ketika di masjid

Artinya :

” Wahai anak Adam, pkailah pakaianmu yang indah setiap masuk kedalam masjid”

Dijelaskan dalam kitab tafsir karangan Imam Ibnu Katsir rahimahullah, “berlandaskan ayat ini dan ayat yang lainnya disunnahkan untuk berhias ketika hendak sholat, terutama ketika hari Jumat dan hari raya.

3. Tidak Memakan Makanan yang Baunya Tidak Sedap

Jika kamu mengkonsumsi bawang putih, bawang merah, pete, jengkol, merokok dan yang lainnya, itu dapat menggangu orang lain dalam beribadah karena merasa terganggu oleh bau mulut kamu.

Dari Jabir radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang memakan dari tanaman ini ( bawang dan sejenisnya ) maka janganlah ia medekati masjid, karena sesungguhnya malaikat terganggu dengan bau tersebut, sebagaimana manusia.

 

Dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda :

adab ketika di masjid

“Barang siapa yang makan bawang putih atau bawang merah maka menjauhlah dari kita”, atau “hendaklah ia menjauhi masjid kami dan hendaklah ia tetap duduk di rumahnya”

Namun jika sebelum ke masjid kalian memakai parfum untuk bisa mencegah bau tersebut, maka tidak dilarang baginya setelah itu untuk datang ke masjid.

4. Berjalan Menuju Masjid Dengan Tenang dan Sopan

Rasulullah melarang umatnya berjalan menuju sholat secara tergesa-gesa walaupun sholat sudah dimulai. Rasulullah bersabda,

“Apabila sholat telah diqamatkan, maka janganlahkamu datang menujunya dengan berlari, tetapi datanglah kepadnya dengan berjalan dan memperhatikan ketengan. Maka apa bagian sholat yang kamu dapati ikutilah dan yang tertinggal sempurnakanlah”

5. Berdoa ketika masuk dan keluar masjid

Disunnahkan bagi orang yang masuk masjid untuk mendahulukan kai kanan, kemudian bersholawat kepada Nabi setelah itu membaca doa masuk masjid.

6. Disunnahkan Melakukan Sholat Tahiyatul Masjid

Dari Abu Qatadah radhiyallaahu’anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian masuk masjid, maka janganlah ia langsung duduk sampai mengerjakan sholat dua rakaat”. ( HR. Bukhari, no.444 dan Muslim, no.714 )

Hadist ini menunjukkan supaya kita melaksankan sholat dua rakaat ketika baru masuk ke dalam masjid.

Jika seseorang berulang kali masuk masjid dalam satu jam, maka ia disunnahkan sholat tahiyatul masjid setiap kali masuk.

Namun jika ketika kamu masuk ke dalam masjid ada sholat jenazah, sujud tilawah, sujud syukur, atau sholat hanya 1 rakaat, tidak disebut untuk melakukan sholat tahiyatul masjid.

7.  Dilarang Berjual-beli dan Mengumumkan Barang Hilang ketika di Dalam Masjid

Rasulullah SAW bersabda :

“Apabila kamu melihat orang yang berjualan atau membeli sesuatu di dalam masjid, maka doakanlah, ‘Semoga  Allah tidak memberikan keuntungan bagimu’. DAn apabila kamu melihat orang yang mengumumkan barang hilang, maka doakanlah , ‘semoga Allah tidak mengembalikan barangmu yang hilang’.” (  HR. At-Tirmidzi )

8. Menunggu Dimulainya Sholat Dengan Bedoa dan Berdzikir

Ibnu Qudamah rahimahullah pernah berkata, “Setelah sholat dua rakaat hendaknya orang yang sholat untuk duduk menghadap kiblat dengan menyibukkan diri berdzikir kepada Allah, berdoa, membaca Al-quran atau diam dan janganlah ia membuat keributan seperti membicarakan masalah duniawi.

Rasulullah bersabda :

adab ketika dimasjid

“Apabila seseorang memasuki masjid, maka dia dihitung berada dalam sholat selama sholat tersebut yang menahannya di dalam masjid, dan para malaikat berdoa kepada salah sorang di antara kalian selama dia berada pada tempat sholatnya, mereka mengatakan, “Ya Allah, curahkanlah rahmat kepadanya, ya Allah ampunilah dirinya selama dia tidak menyakiti orang lain dan tidak berhadats”.

 

Penutup

Demikian pembahasan tentang doa masuk masjid dan keluar masjid beserta dengan adab ketika berada di dalam masjid. Semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa untuk mepraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, terima kasih telah membaca 🙂

Tinggalkan komentar