Arti Kata Wibu

Arti kata Wibu dan Otaku- Dasar lo wibu, bau bawang! pernahkah kalian memanggil temanmu yang begitu menggandrungi anime dengan sebutan wibu?

Eits, sebelum kalian memanggil orang lain dengan sebutan wibu, kalian juga harus tahu apa itu wibu yang sebenarnya. Karena wibu itu memiliki makna tersendiri, berikut ini arti dari kata wibu

Arti Kata Wibu

gambar naruto

 

Sebenarnya, orang yang hobi nonton anime aja tidak bisa disebut sebagai wibu! wibu memiliki arti yang lebih dalam daripada sekedar suka nonton anime.

Wibu adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sangat cinta terhadap budaya jepang.

Kata wibu sendiri adalah kata serapan yang berasal dari bahasa inggris yaitu “Weeaboo”

Kata weeaboo berasal dari cuplikan komik Perry Bible Fellowship karya Nicholas Gurewitch yang waktu itu tidak memiliki makna apapun.

Pada pertengahan tahun 2000an, berawal dari forum 4chan, kata ini menggantikan istilah wapanese atau wanna be Japanese sebagai ejekan kepada orang-orang yang maniak kepada segala hal yang berbau Jepang.

Bahkan dia menganggap budaya jepang lebih baik daripada budaya di negaranya sendiri. Istilah ini memiliki sinonim japanofilia.

Jadi, wibu bukan merupakan kepanjangan dari apapun, melainkan bahasa serapan asing ya geng!

Ciri-ciri Seorang Wibu

Apa saja ciri-ciri seorang wibu? berikut pemberitahuan ciri-ciri seorang wibu

  1. Dia sangat gemar memberitahu kegemarannya atas kebudayaan jepang, dia tidak akan merasa malu akan hal tersebut kepada banyak orang.
  2. gemar mengoleksi merchandise yang berbau jepang, terutama serial anime atau manga yang ia tonton.
  3. suka mendengarkan lagu jepang.
  4. suka menonton film drama jepang.
  5. sering mengikuti acara-acara festival yang berbau jepang atau menjadi cosplayer.

Jadi kalau kalian hanya sekedar menyukai serial anime saja bukan berarti kalian seorang wibu.

Selain wibu ada juga istilah lain yaitu otaku. tetapi otaku dan wibu itu sangatlah berbeda.

Arti Kata Otaku

Otaku adalah istilah dalam bahasa jepang yaitu orang yang menekuni suatu hal secara mendalam, kata otaku mulai muncul di pertengahan tahun 90an.

Di Jepang, Otaku kadang berkonotasi jelek, karena dianggap terlalu berlebihan menggemari hobinya. Namun demikian tidak semua otaku dianggap jelek.

Banyak juga orang yang menempatkan kegemarannya hanya sebatas hobi dan berperilaku normal seperti umumnya orang banyak. Di berbagai negara Otaku pun dianggap terlalu berlebihan / terlalu terobsesi.

Ciri ciri Otaku

  1. Mempunyai pengetahuan tentang anime / manga yang luas
  2. Biasanya pintar dalam bidang IT
  3. Tiada hari tanpa menonton anime / membaca anime
  4. Mempunyai segudang pernak pernik anime

Kalau dilihat Otaku dan Wibu memang hampir sama, karena mereka sama sama menyukai anime tapi jangan salah kalau Otaku dan Wibu juga mempunyai Perbedaan yang cukup mencolok. Berikut penjelasannya…….

Perbedaan Wibu dan Otaku

Gambar Anime Muslimah 10 85435
jalantikus.com

Tetapi di berbagai negara, para Otaku atau Geek banyak yang biasa-biasa saja karena hanya menempatkan hobi ya hobi, dalam kehidupan harian di sekolah atau ditempat kerja ya berperilaku seperti orang umum. Berikut perbedaan wibu dan otaku:

  1. Otaku: berperilaku seperti orang biasa pada umumnya.   Weeaboo: bangga mempertontonkan dirinya sangat ‘jepang’ atau berperilaku seperti ‘living anime character’ dalam kesehariannya, baik di rumah atau pergaulan.
  2.  Otaku: paham bahwa orang lain mungkin tidak mengerti hobi kegemarannya sedangkan Weeaboo: memandang rendah orang yang tidak mengerti hobi kegemarannya.
  3. Otaku: paham banyak dan selalu update tentang hobinya. Weeaboo: lebih dianggap ‘annoying’ karena terkesan sok tau.
  4. Otaku: lebih senang membicarakan kegemarannya lebih senang pada teman yang memiliki minat yang sama. Weeaboo: membicarakan hobi atau kegemarannya pada siapapun, dimanapun, dan kapanpun.
  5. Otaku: menyukai username atau nickname bernuansa nama karakter favoritnya. Bisa saja bernuansa jepang atau bukan. Weeaboo: menyukai username atau nickname bernuansa ‘jepang’ atau mereka suka mencampur nama mereka dengan bahasa jepang.
  6. Otaku: tidak tersinggung disebut otaku, kecuali bernada mengejek. Weeaboo: Tersinggung jika disebut weeaboo.
  7. Otaku: bisa saja orang jepang asli, atau dari negara lain. Weeaboo: bukan orang jepang, tidak lahir di jepang, dan bukan warga negara jepang.
  8. Otaku: terbuka atas candaan dan kritikan orang. Otaku tidak tersinggung jika hobi kegemaranya atau karakter favoritnya dijadikan lelucon.  Weeaboo: sangat tersinggung jika ada lelucon dan kritik mengenai karakter favoritnya atau artis idolgrup-nya.

Ya jadi itulah perbedaan Otaku dan Wibu, mungkin kalian sudah mengerti.

Jadi sampai disini mungkin kalian sudah tau arti kata Wibu dan Otaku.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kalian semua dan bisa menambah wawasan kalian juga, jangan lupa baca juga artikel saya yang lainnya. sampai jumpa lagi…….:)

 

Hasil pencarian : arti kata wibu nolep, arti kata wibu dan otaku, arti kata wibu bau bawang, arti kata wibu dan waifu, arti kaata wibu dalam bahasa gaul,

Tinggalkan komentar