7+ Alat Musik Tradisonal

Alat Musik Tradisional- Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali keanekaragaman budaya. Salah satunya adalah alat musik tradisional yang sudah terkenal cukup lama dan bahkan terkenal sampai ke mancanegara.

Ada berbagai jenis alat musik yang bisa kamu temui disekitaran daerahmu. Berikut ini adalah rangkuman dari berbagai jenis sumber alat musik tradisional di Indonesia.

Fungsi Alat Musik Tradisional

Kesenian dan budaya di setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing. Kalau soal pertunjukan seni dan budaya, pasti tidak akan jauh dari alat musik yang digunakan.

Pada umumnya dalam pertunjukkan seni dan budaya kita selalu melihat berbagai alat musik yang digunakan untuk pemain. Tidak hanya alat musik modern saja yang masih sering digunakan, alat musik tradisional pun juga sering digunakan sampai dengan sekarang.

Seperti yang kita tahu bahwa di setiap daerah khususnya di Indonesia pasti memiliki alat musik tradisional yang bermacam-macam. Bukan hanya untuk mengiringi suatu pertunjukkan saja, nyatanya beberapa alat musik ini bisa menjadi bukti sejarah maupun menjadi sarana edukasi bagi masyarakat sekitar.

 

Macam-macam Alat Musik Tradisional

Selain sebagai alat musik ternyata beberapa diantaranya juga kental dengan nilai budayanya masing-masing dan juga kearifan lokal masyarakat.

Namun, beberapa alat musik tradisional Indonesia tersebut menjadi hits di kalangan anak muda pada zaman sekarang.

Langsung saja, berikut ini saya akan menjelaskan macam-macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia.

 

1. Angklung

Hasil gambar untuk alat musik tradisional angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berkembang dan tidak asing lagi bagi masyarakat Sunda dan juga Jawa Barat. Angklung juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.

Alat musik yang terbuat dari bambu ini di mainkan dengan cara digoyangkan dengan menggunakan beberapa teknik sehingga bisa menghasilkan suara yang merdu dan enak untuk di dengar.

Selain dimainkan sendiri, ternyata angklung juga bisa dipadukan dengan alat musik seperti dalam orchestra atau semacam pertunjukan seni. Ternyata yang menyukai alat musik angklung tidak hanya orang Indonesia, banyak sekali orang asing yang tertarik untuk mempelajarinya.

Dengan melihat hal ini tentunya bangsa Indonesia bangga memiliki alat musik daerah yang bisa dibilang sangat mendunia.

2. Gamelan

Hasil gambar untuk alat musik tradisional gamelan

Gamelan merupakansebuah kumpulan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa, Madura, Bali, dan Lombok. Sebenarnya alat musik ini suatu kesatuan alat musik seperti gambang, gendang, saron, kenong, bonang, siter, gong dan masih banyak lagi.

Kemunculan gamelan di Indonesia ini karena adanya budaya HIndu-Budha pada awal masa pencatatan sejarah. Setelah itu, barulah gamelan dikembangkan oleh kerajaan Majapahit pada masa kerajaan.

Gamelan pertama kali ditemukan di Candi Borobudur pada abad ke-8 dan pada saat ini, gamelan juga masih digunakan pada acara-acara resmi seperti pernikahan dan syukuran.

3. Tifa

Hasil gambar untuk alat musik tradisional tifa

Alat musik tradisional yang satu ini merupakan alat musik khas dari Indonesia bagian Timur, lebih tepatnya Maluku dan Papua. Alat musik tifa dimainkan dengan cara dipukul dan menghasilkan suara yang sama dengan allat musik gendang.

Alat musik tifa terbuat dari sebuah kayu yang bagian tengahnya dikosongkan dan ditutup dengan menggunakan kulit hewan pada salah satu ujungnya. Tifa biasanya diberikan ukiran yang indah, jadi selain bisa digunakan sebagai alat musik tradisional, tifa juga cocok untuk dijadikan pajangan atau dekorasi rumah.

Tifa juga sangat diminati oleh turis-turis yang sedang berkunjung dan alat musik ini juga sering dibeli untuk menjadi oleh-oleh ataupun cinderamata.

4. Kecapi

Gambar terkait

Selain alat musik pukul, Indonesia juga memiliki alat musik dengan cara di petik yaitu kecapi. Alat musik tradisional yang satu ini berasal dari Sulawesi barat. Meski memiliki bentuk yang sangat sederhana, nada yang dihasilkan mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi . pendengarnya.

Dalam pertunjukannya bianya kecapi dimainkan seorang diri. Hal ini dikarenakan kecapi memiliki nada yang bisa dibilang unik dan berbeda pada setiap senarnya. Suara dari kecapi ini sangat cocok untuk sarana relaksasi diri.

5. Karinding

Hasil gambar untuk alat musik tradisional karinding

Karinding adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari tanah Sunda. Cara memainkan alat musik yang satu ini cukup unik, kalian hanya perlu meletakkkan alat musik tersebut pada mulut dan getarkan karinding untuk menghasilkan suara yang merdu.

Alat musik karinding terbuat dari bambu dan masih diproduksi di beberapa daerah di Jawa barat, seperti Tasikmalaya, Garut, dan Cianjur. Pada awalnya fungsi dari karinding ini adalah sebagai pengusir hama sawah, karena suara yang di hasilkan rendah atau low decidble.

Namun, sudah banyak orang yang memainkan alat musik ini sebagai warna baru untuk musik. Suara yang dihasilakan juga unik, kalau kamu penasaran, kamu bisa dengarkan karya anak bangsa dalam sebuah grup bernama Karinding Attack.

6.  Sasando

Hasil gambar untuk alat musik tradisional ]sasando

Alat musik tradisional yang selanjutnya adalah sasando. alat musik ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain bentuknya yang unik, suara yang dihasilkan pun sangatlah merdu dan indah untuk didengar.

Hal yang membuat sasando menjadi alat musik yang unik adalah penggunaan bahan alami berupa daun lontar sebagai bahan utama pembuatannya.

Alat musik ini juga merupakan alat musik khas dari Tanah Rote yaitu sebuah wilayah di Nusa Tenggara Timur. Cara memainkannya pun cukup mudah, kalian hanya memetiknya layaknya sebuah gitar.

Namun, tidak semua orang bisa memainkannnya secara merdu karena harus memiliki teknik tertentu. Nama sasando sendiri mulai terkenal sejak digunakan dalam kontes acara WOW pada tahun 2013.

7. Kendang

Hasil gambar untuk alat musik tradisional kendang

Secara umum alat musik kendang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kendang umumnya sering sekali digunakan dalam pertunjukkan bertema masyarakat Jawa.

Kendang merupakan alat musik khas dari tanah Jawa, lebih tepatnya Jawa Timur. Cara memainkannya sangat mudah kalian hanya perlu memukul kendang tersebut. Terdapat 2 sisi yang bisa dipukul pada alat musik kendang ini. Dan setiap sisi memiliki nada yang berbeda dan saat dimainkan biasanya akan disesuaikan dengan alat musik lainnya.

8. Saluang

Hasil gambar untuk alat musik tradisional saluang

Alat musik saluang ini berasal dari wilayah Sumatra lebih tepatnya di Sumatra Barat. JIka dilihat-lihat alat musik saluang ini mirip sekali dengan suling. Tapi saluang dan suling memiliki perbedaan yaitu terdapat pada lubang udaranya.

Alat musik saluang hanya memiliki 4 lubang saja dan tentu nada yang dihasilkan lebih sederhana dibandingkan dengan suling. Selain sebagai Alat musik tradisional, saluang ternyata juga memiliki nilai magis. Konon katanya alat musik ini mampu menghipnotis penontonnya.

9. Genggong

Hasil gambar untuk alat musik tradisional genggong

Mungkin untuk masyarakat awam alat musik ini sangat asing di telinga mereka. Genggong merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sumatra Selatan. Untuk memainkannya yaitu dengan cara ditiup sama seperti alat musik harmonica.

Uniknya, alat musik ini dulunya dipakai oleh para petani ketika beristirahat. meki terbilang sederhana, nyatanya nada yang dihasilkan juga cukup merdu. Selain bentuknya yang simple nyatanya genggong juga menyimpan sejarah dengan kearifan lokal bagi masyarakat di Sumatra Selatan.

 

Nah, itulah beberapa pembahasan tentang alat musik yang ada di Indonesia. Ayo kita lestarikan budaya dan kesenian yang ada di Indonesia. Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai alat musik tradisional yang ada di Indonesia, kalian bisa membacanya di Guratgarut.com.

 

 

Hasil Pencarian: alat musik khas Jawa Tengah, alat musik khas Sumatra Selatan, alat musik khas Maluku, alat musik khas Papua, alat musik khas Jawa Barat, alat musik khas Sumatra Barat, alat musik khas Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, alat musik khas Sulawesi Barat, alat  musik khas Bali.

Tinggalkan komentar