11+ Kerajinan dari Kain Flanel

11+ Kerajinan dari Kain Flanel- Hai sobat BagiPensil kali ini saya akan memberitahu bagaimana cara membuat kerajinan atau kreativitas dari bahan kain flanel.

Kain flanel merupakan salah satu bahan untuk membuat suatu bentuk kerajinan tangan yang disukai oleh banyak orang hingga saat ini.

Kain flanel memiliki tekstur yang lembut dan juga memiliki berbagai macam warna yang sangat menarik, maka makin menjadikan kain flanel sebagai salah satu bahan paling utama untuk membuat kerajinan tangan yang banyak dipakai oleh orang-orang kreatif.

Kain flanel juga sangat mudah untuk ditemukan di beberapa toko yang paling dekat dengan tempat tinggal kita. Oleh karena itu, kesempatan untuk membuat suatu usaha kerajinan dari kain flanel sangatlah mudah.

Banyak sekali kerajinan yang dapat dibuat dari kain flanel contohnya yaitu boneka, gantungan kunci, bantal, bunga, bros, sarung untuk handphone dan masih banyak sekali barang yang bisa kita buat dari kain flanel.

1. Tempat Pensil

Cara membuat tempat pensil yang satu ini bisa dibilang cukup mudah karena hanya membutuhkan cara jahit yang sederhana. Bahkan, anak-anak juga bisa membuat tempat pensil dengan cara yang satu ini seorang diri. Cara membuat tempat pensil berbentuk saku ini sangat cocok untuk untuk para pemula yang belum terlalu mahir dalam menjahit. Untuk membuat tempat pensil berbentuk saku, sediakan alat dan bahan berikut ini:

  • Kain flanel
  • Jarum dan benang
  • Kancing
  • Mesin jahit (apabila diperlukan)
  • Gunting
  • Pita

Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan udah ada, ikuti beberapa cara di bawah ini, untuk membuat tempat pensil berbentuk saku dari kain flanel:

  • Potong kain flanel yang ada dengan panjang yang sama seperti ukuran pensil dan pulpen Anda. Karena Anda tidak akan meletakkan satu benda saja di dalam tempat pensil ini, jadi buat lebarnya sesuai dengan ukuran beberapa alat tulis yang akan anda simpan di dalamnya nanti.
  • Gunakan jarum dan benang (atau mesin jahit) untuk menjahit masing-masing sisi tempat pensil. Pastikan juga seluruh jahitan lurus dengan sempurna. Anak-anak yang ingin belajar menjahit, bisa menjahit dengan jarum benang atau mesin jahit.
  • Jahit kancing dengan jarum dan benang. Kancing ini nantinya yang akan jadi ‘kunci’ untuk tempat pensil Anda. Jadi, jahitlah sesuai sama tempat yang pas.
  • Potong bagian tutup tempat pensil ini berbentuk sedikit garis atau lubang. Nah, lubang ini nantinya akan dikaitkan dengan kancing yang tadi sudah terpasang untuk tutup tempat pensil agar nanti isinya tidak jatuh keluar.
  • Untuk menghias tempat pensil, buat bunga mawar dari kain flanel lalu jahitlah di bagian tepi tempat pensil.
  • Berikanlah aksesories, payet, atau hiasan lain untuk membuat cantik tampilan tempat pensil berbentuk saku ini.

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel yang pertama ini bisa anda jadikan sebagai inspirasi untuk megisi waktu luang yang anda miliki, untuk orang dewasa dan anak-anak. Pastikan Anda menggunakan kain dengan warna yang diinginkan dan hiasan favorite untuk membuat cantik tempat pensil saku ini.

2. Boneka dari Kain flanel

Kain flanel ini juga bisa dibuat untuk menjadi sebuah boneka yang lucu. Boneka bisa kamu jadikan untuk kado bagi temanmu atau juga adikmu yang sedang ulang tahun.

Untuk bentuk dan kreasi kamu bisa sesuka hatimu untuk membentuknya, sebab banyak sekali model yang bisa kamu buat dari kain flanel ini.

Nah cara membuat boneka ini pun sangat mudah, hanya perlu menyiapkan kain flanel berbagai warna, benang, dan jarum. Cara membuatnya pun sangat mudah, yang pertama adalah membuat tema dan pola boneka yang akan kamu buat, langkah selanjutnya hanya tinggal memotong pola di kain flanel tadi dan juga mengisinya dengan dakron.

Jika sudah tinggal di finishing dengan menjahit kembali dan juga menempelkan beberapa hiasan yang menrik untuk boneka yang ingin kamu buat.

Berikut ini video cara pembuatan boneka dari kain flanel.

 

3. Gantungan dari kain Flanel

Nah ini dia aksesoris yang mungkin sangat dikenal oleh kebanyakan orang yaitu sebuah gantungan kunci. Ternyata gantungan kunci ini sangat cocok jika di buat dengan menggunakan kain flanel.

Bentuk dari gantungan ini bisa kamu sesuaikan dengan apa yang kamu inginkan, kamu bisa membuat gantungan kunci dengan bentuk boneka lucu, atau juga dengan bentuk huruf namamu.

Buat kamu yang ingin buat gantungan kunci yang lucu, dibawah ini tutorial membuat sebuah gantungan kunci lucu dari kain flanel, simak sampai selesai ya ! :

4. Bros dari kain Flanel

Jadi pada dasarnya membuat bros dari kain flanel ini bisa dibuat bermacam-macam bentuknya, jadi untuk bentuk terserah apa yang kamu inginkan. Untuk bentuk yang paling mudah salah satunya adalah bentuk bunga.

Bentuk ini sama halnya dengan bros yang berbentuk kupu-kupu tadi sangat mudah untuk membuatnya. Yang kamu butuhkan hanyalah kain flanel yang sudah di potong dengan bentuk kelopak, nah untuk merekatkannya kamu bisa menggunakan lem plastik, tapi kalau kamu bisa menjahit lebih baik dijahit, karena itu akan membuatnya semakin merekat. Berikut ini adalah video dalam membuat bros dari kain flanel.

5. Pita Rambut dari Kain Flanel

Setiap gadis kecil membutuhkan banyak koleksi busur rambut, dan kerajinan tangan dari kain flanel ini sangat mudah untuk membuat pita kain yang sempurna. Mungkin pita dari kain flanel ini bisa menjadi solusinya. Pengen tau bagaimana cara pembuatannya? Mari cek video berikut ini.

 

6. Boneka Jari dari Kain Flanel

 cara membuat boneka jari dari kain flanel

Buat kalian yang memiliki hobi bercerita mungkin boneka jari unik dari kain flanel ini bisa menjadi alat untuk mengekspresikan dirimu. Untuk karakter sendiri kamu bisa membuatnya sesuai apa yang akan kamu ceritakan nantinya.

Salah satu contohnya seperti gambar di atas, boneka tangan yang lucu dan menggemaskan. Dengan bermodalkan ini kamu bisa menjadikan sekelilingmu menjadi penuh tawa.

7. Kotak Tissu dari Kain Flanel

 cara membuat tempat tisu dari kain flanel

Jika kamu memiliki tempat tisu di rumah yang bentuknya begitu- begitu saja, maka tempat tisu dari kain flanel dapat kamu jadikan inspirasi. Kotak tisu kamu akan terlihat lebih indah dan menarik, apalagi jika di ruang tamu atau di meja makan Anda letakkan kota tisu dari kain flanel tersebut maka akan menambahkan keindahan di ruangan tersebut, berikut adalah cara pembuatannya

  • Pertama Anda siapkan kertas karton dan buatlah pola seukuran dengan tisu yang ingin Anda taruh.
  • Jika Anda tidak mau repot, Anda dapat memanfaatkan kotak tisu lama yang sudah jelek dan tutuplah dengan menggunakan kain flanel.
  • Setelah itu, Anda baru mulai menghias kotak tisu tersebut dengan hiasan- hiasan sesuai dengan selera.

Bahkan kegiatan membuat kotak tisu dari kain flanel sangat digemari oleh ibu- ibu rumah tangga untuk menambah keindahan di dalam rumah. Bahkan ada yang sengaja membuat kotak tisu dari kain flanel dalam jumlah yang banyak dan mereka jual ke saudara atau teman- temannya. Banyak juga yang memasarkan produk tersebut dengan media online / online shop.

8. Pembatas Buku dari Kain Flanel

 cara membuat pembatas buku dari kain flanel

Biasanya ketika kita membaca sebuah buku dan belum selesai kita selalu melipat halaman tersebut supaya nanti bisa ingat jika mau melanjutkan membaca. Kalau hal itu dilakukan secara terus menerus maka akan membuat buku tersebut rusak dan jika di dalam buku terdapat bekas lipatan- lipatan maka akan terlihat sangat jelek dan mengganggu pandangan kita saat membaca.

Nah, untuk menghindari hal itu terjadi dan buku kamu bisa terawat dengan baik maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba berkreasi membuat pembatas buku dari kain flanel. Tentunya sangat unik dan tidak membosankan, bahkan Anda dapat membuat sesuai dengan keinginan Anda.

Bahan yang digunakan yaitu kain flanel lebih dari satu warna, gunting, lem uhu, benang dan jarum jahit.

  • Cara membuatnya cukup mudah, Anda dapat membuat pola dengan bentuk sesuai dengan keinginan.
  • Kemudian potong pola dengan gunting, Anda dapat menggunakan 1 lembar atau dobel kemudian dijahit dengan menggunakan tusuk feston.

Terakhir, Anda dapat menambahkan beberapa hiasan yang lucu seperti gambar binatang, buah- buahan atau yang lainnya dan jadilah pembatas buku yang unik.

9. Bantal dari Kain Flanel

 cara membuat bantal dari kain flanel

Yang perlu diingat adalah bantal yang dipakai tentunya sudah dipakaikan pula dengan sarung bantalnya. Nah kalau sudah selesai barulah kita mulai menghias sarung bantal tersebut supaya lebih cantik dan nyaman apabila dipakai. Keindahan sekitar saat menjelang tidur itu bisa menambah ketenangan dalam tidur.

Gunakan warna dengan pola yang berbeda saat menghias bantal supaya lebih gemas ketika ditiduri oleh kita

10. Tas dari Kain Flanel

Hasil gambar untuk tas dari kain flanel

Kamu bisa membuat tas cantik dari kain flanel. Untuk membuatnya kamu hanya butuh selembar kain flanel. Buat pola, lalu jahitkan untuk menggabungkan kain flanel tersebut menjadi bentuk tas.

Manfaatkan mesin jahitan sehingga lebih kuat dan lebih ramping model tas yang dibuat. Tambahkan aksesoris atau dekorasi di bagian luar untuk menambah gairah kecantikan pada tas tersebut. Sederhana sekali kan?

Tas yang lucu dan juga berbeda dari yang lain bisa kamu dapatkan jika kamu membuat tas tersebut dengan sendiri dengan berbahankan kain flanel. 

11. Replika Donat dari Kain Flanel

Hasil gambar untuk donat dari kain flanel

Yang kita lihat pada gambar di atas  adalah sebuah replika donat yang terbuat dari kain flanel. Mungkin kamu saat pertama kali melihatnya mengira bahwa ini adalah sebuah donat asli padahal ini hanyalah donat mainan.

Salah satu kreasi kerajinan yang bisa kamu buat untuk menghiasai ruang tamu mu, tapi jangan lupa di berikan tanda bahwa itu hanyalah mainan ya supaya tidak ada yang salah sangka.

12. Sepatu Bayi dari Kain Flanel

Hasil gambar untuk sepatu bayi dari kain flanel

Kain flanel merupakan salah satu  bahan yang lembut yang pas untuk dijadikan sepatu bayi. Dengan tekstur yang lembut, kain flanel sangat pas bila dipakai pada bayi. Kain flanel dengan mutu super lembut yaitu yang paling cocok dijadikan bahan untuk membuat sepatu bayi.

Pastikan tekstur dari kain flanel yang super lembut supaya nyaman ketika dipakai pada bayi. Anda dapat membuat sepatu bayi seperti ini di rumah dengan berbekal kain flanel, benang serta gunting saja. Ukurlah kaki bayi, lantas buat polanya.

Buat polanya terlebih dahulu menjadi 3 sisi. Pertama, sisi alas kaki. Kedua, sisi atas depan. Ketiga, sisi atas belakang. Setelah ketiga pola di atas dibuat serta dipotong, berikutnya dijahit memakai tangan hingga selesai. Jahitlah sesuai sama pola yang ada pada gambar. Setelah jadi, sepatunya udah dapat anda pakaikan pada bayi kesayangan anda.

13. Taplak Meja dari Kain Flanel

Hasil gambar untuk taplak meja dari kain flanel

Taplak meja yang bisa anda gunakan, dengan bentuk seperti kotak selimut tua untuk membuat karpet atau taplak yang berwarna dan sangat berguna ini. Desain sangat cantik dan ini adalah proyek yang sangat mudah dari awal sampai akhir.

14. Tempat Kaca Mata dari Kain Flanel

Hasil gambar untuk tmpat kaca mata dari kain flanel

Banyak sekali orang yang  bingung mencari kacamata yang tadi baru saja dikenakannya , padahal kacamata seharusnya harus dijaga di tempat yang pas tepat dan aman supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut membutuhkan tempat yang pas untuk kaca mata tersebut.

Dengan menggunakan kain flanel ini, kamu bisa membuat tempat kacamata yang modis dan cantik serta memudahkan kamu untuk mengingatnya nanti.

15. Bunga dari Kain Flanel

Hasil gambar untuk bunga dari kain flanel

Bunga hias yang terbuat dari kain flanel paling banyak digemari oleh kebanyakkan orang. Beberapa pengrajin juga ada yang menjual hasil karyanya secara on-line.

Tidak hanya dari teksturnya yang lembut dan warnanya yang lengkap, bunga dari kain flanel memanglah tampak cantik dan indah. Pantas saja bila bentuk kerajinan tangan yang satu ini jadi satu diantara banyak barang yang dijadikan barang favorite oleh para peminatnya.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai kreasi kerajinan dari kain flanel. Semoga bisa memberikan banyak manfaat bagi kamu. Untuk kerajinan tangan lainnya kamu bisa membaca artikel kerajinan tangan dari sedotan dan juga kerajinan dari koran bekas.

 

 

 

Hasil Pencarian: cara mebuat kerajinan kain flanel beserta gambarnya, cara membuat kerajinan dari kain flanel untuk anak sd, cara membuat kerajinan dari kain flanel bentuk panda, cara membuat kerajinan dari kain flanel tanpa dijahit, cara membuat kerajinan dari kain flanel yang bisa dijual, cara membuat kerajinan dari kain flanel berbentuk hewan, cara membuat kerajinan dari kain flanel bunga mawar, cara membuat kerajinan dari kain flanel tempat hp.

Tinggalkan komentar